Sabtu, 12 September 2009

Prediksi UTS Kelas 11 : Wawancara

Soal

1. Apa yang dimaksud dengan wawancara?
2. Apa tujuan kegiatan wawancara?
3. Komponen apa saja yang harus dipersiapkan untuk sebuah wawancara?
4. Seorang pewawancara harus menguasai seni bertanya yang efektif. Hal ini berkaitan dengan
keterampilannya menyusun daftar pertanyaan. Variasi pertanyaan apa saja yang bisa
diutarakan saat wawancara?
5. Agar wawancara dapat berlangsung lancar. Pewawancara harus memiliki kompetensi apa
saja?
6. Kegiatan wawancara harus dipersiapkan dengan mengupayakan tahapan-tahapan ....
7. Kemasan akhir dari sebuah wawancara adalah menulis laporan. Apa sistematika penulisan
laporan tersebut?
8. Analisis keefektifan kalimat pada daftar pertanyaan dan laporan wawancara.

Jawaban dalam narasi

Wawancara adalah sebagai upaya mendapatkan informasi tentang suatu hal. Yang menjadi sumber informasi disebut narasumber. Media komunikasi antara pewawancara dan narasumber adalah pertanyaan. Agar kegiatan wawancara tidak melantur maka sang pewawancara harus mempersiapkan topik wawancara terlebih dulu. Persiapan mewawancarai itu sering disebut sebagai sistematika yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Menentukan topik terlebih dulu. Hal ini dilakukan agar proses wawancara terarah dan efektif. Misal saja kita menentukan topik tentang bahaya narkoba. Maka penetapan topik ini akan membantu kita untuk menentukan narasumber yang tepat juga menyusun pertanyaan yang efesien dan efektif.
  2. Menentukan narasumber. Carilah narasumber yang kompeten dengan demikian informasi yang kalian dapatkan akan berguna bagi orang lain mengingat setelah wawancara kalian harus menulis laporannya bukan?
  3. Membuat daftar pertanyaan . Pertanyaan yang disusun hendaknya variatif sehingga tidak monoton. Dalam kegiatan wawancara hendaknya kalian luwes artinya tidak terpaku pada susunan pertanyaan yang telah dipersiapkan. Bersikaplah responsif dan fleksibel sehingga momen wawancara itu berlangsung menyenangkan. Variasi pertanyaan terdiri dari :
    pertanyaan terbuka ; pertanyaan tertutup ; pertanyaan konfirmatif dan pertanyaan investigatif. Saat menyusun pertanyaan ini perlu juga memperhatikan usia ; pendidikan dan profesi sang narasumber sehingga bahasa yang digunakan tepat.
  4. Melakukan konfirmasi dengan narasumber. Jangan memaksakan narasumber untuk mengikuti jadwal kalian .
  5. Melakukan wawancara. Persiapkan mental, alat perekam, alat tulis dll.
  6. Menulis laporan wawancara. Pada bagian pertama laporan harus dicantumkan : nama narasumber ; nama pewawancara ; tempat dilakukan wawancara ; waktu wawancara berlangsung ; topik wawancara. Pada bagian awal laporan kalian bisa mengemukakan opini tentang sang narasumber.
Efektifkah pertanyaan berikut?
Topik wawancara : Pro dan Kontra UN
1. Apakah Saudara menyetujui akan adanya UN diselenggarakan di sekolah-sekolah ?
2. Merasa adilkah Saudara apabila nasib para pelajar ditentukan oleh UN?

  • Kalimat pertanyaan pertama tidak efektif karena yang dipermasalahkan adalah penyelenggara UN sebagai alat penentu kelulusan siswa bukan penyelenggaraannya di sekolah-sekolah. Kalimat tanya itu seharusnya : apakah Saudara setuju bila UN dijadikan syarat utama kelulusan siswa dari jenjang pendidikan tertentu?
  • Kalimat pertanyaan kedua cukup efektif karena gagasan yang ditanyakan adalah keadilan nasib para pelajar yang ditentukan oleh UN. Yang kurang efektif adalah UN seharusnya ditambah kata hasil = hasil UN.
Proses analisis keefektifan kalimat bersangkutan dengan pemilihan kata; tanda baca ; ejaan dll.

1 komentar: