Rabu, 04 November 2009

Cerpen Jessy Kusno

RASA SAYANGE

Masuk sekolah kelas 11 dengan suasana baru, kelas baru, teman-teman baru. Rasanya semangat banget, penasaran sama kelas barunya. Hari pertama biasanya orang-orang pada semangat bangun pagi, siap-siap tampil fresh seusai liburan. Sangking semangatnya hari pertama, malah datang terlambat gara-gara kelamaan catok rambut. Sampai di sekolah saya langsung ke papan pengumuman liat daftar kelas. Semangat saya luntur seketika melhiat daftar nama-nama kelas yang kelihatannya tidak begitu asik dibandingkan 2 kelas II IPS lainnya yang isinya teman-teman saya semua. Kesel banget lihatnya, tapi mau bagaimana lagi, semuanya sudah diatur, jadi pasrah aja deh jalanin!. Masuk kelas pertama kali, semua murid pada masih diem-diem pasang tampang baik dan masih pada fresh. Dan saya duduk sendiri di barisan rada depan karena tidak ada teman yang dekat, karena Efra tidak masuk sekolah, kecuali si Ario, tapi kan dia ada Tania jadi tidak enak.

Hari-hari berlalu, suasana kelas mulai mencair dan mulai seru. Ternyata kelas saya kompak juga. Kelas saya termasuk kelas yang pintar-pintar muridnya. Misalnya seperti kemarin UTS sejarah, kelas 11 IPS lain pada re-test, tapi kelas saya tidak re-test, senang melihatnya. Kekompakan kami pun semakin erat menjelang Parpol dan Culture Fest. Sekarang saya ingin mendeskripsikan satu- persatu dari anggota 11 IPS 2.

Agam. Kurniawan : Pak Haji di kelas kita. Rada tambun, pake kacamata. Bisa diajak kerjasama. Diduga (alias digosipin) suka sama Agnes.

Ario. Tanado : pinter tapi bandel dan tidak penuh dengan usaha alias santai melulu kerjaannya. Pacarnya Tania. Jago main gitar, ngaku-ngakunya romantis, tukang nyeletuk. Care sama perempuan. Suka sama musik-musik rock, kalau di kelas ngomongin musik rock nyambungnya sama Efra dan Putri. Cinta Amerika, waktu ulang tahun ke 16 dapet kado gitar di airbrush bendera Amerika, di kamarnya ada bendera Amerika (kurang cinta Indonesia).Males . Rumahnya deket banget sama sekolah padahal, tapi sering telat ke sekolah, binggung kan ?

Batarika : Sancai 11 IPS 2, orangnya putih,poni rata,bibir merah, rajin banget kalo ulangan selalu buat ringkasan. Di kelas kita semua jodohin dia sama Ezra, biar saling melengkapi bak piano.

Daniel. S. Wenas : pinter pelajaran,main bola oke, kalau Samson kekuatannya di rambutnya,kalau Daniel di giginya. Bisa diajak kerjasama. Ketauan buncit pas pelajaran mat, hari itu semua orang pakai batik ke sekolah, biasanya cowok-cowok pake kaos daleman lagi sebelum dilapisi batik, hari itu sekolah kebetulan mati lampu, beberapa cowok pun membuka bajunya, disitulah Daniel ketauan memiliki kantung di perutnya seperti doraemon (alias buncit). berkacamata.

Efraim.Williams.Mamesah : tinggi, agak jerawatan, lumayan tampan, tapi diduga dia adalah mantan homo dulu kelas 2 smp. gemar beradu mulut dengan ezra,itu yang suka bkin lucu kelas. Orang manado. Kalau lagi dimarahi orang tuanya suka mengeluarkan logat-logat Manado, lucu banget. Tukang telat sama kaya Ario, tapi yang satu ini rumahnya rada jauhan.

Ezra.Pahala.Arif: juara nyanyi se-RW kita nih! Suaranya bagus, lembut-lembut gimana gitu, obsesinya duet dengan Audrey yang suaranya bagus banget juga. Item manis. Bangga dikatain alay, kadang-kadang rada lemot. Kalau disatuin dengan Efra, akan terlihat seperti Tom and Jerry. Baik orangnya. Dulu pernah suka sama Nella, tapi sekarang kurang tahu deh! Oh.sekarang dijodohin sama batarika.

Isabella. Agnes: dipanggil Bowo. Dewasa,manis. Kalo OR Agnes, Sally, Lidhiah pasti kepilih duluan di tim, soalnya mereka yang paling jago di antara cewek-cewek lain. Agnes juga ikut tim futsal sekolah.

Jason.Wijaya : tinggi. Anak basket. Diduga suka sama Lidhiah tapi kalo dikelas deket sama Agnes, gimana dong?. Kalau doa pulang sekolah,Ms. Jerni Tanya, “ siapa yang doa hari ini?”, sekelas pasti kompak jawab, “JASON miss!”.

Jessy.Kusno : Saya sendiri. Awalnya saya tidak kepikiran untuk menulis cerita ini, tapi ide-ide cerpen saya yang sebelumnya sulit untuk saya tuangkan dalam bentuk karangan, jadi saya menulis cerita ini. Keseluruhan cerita ini, menggambarkan isi hati saya. Dan semua yang tertuang di sini merupakan realitas yang saya amati selama ini. Cerita ini terutama saya dedikasikan untuk teman saya Putri yang sebentar lagi mau pindah, untuk Ms. Jerni yang nanti tidak tahu akan ikut pindah ke UPH College atau tidak, dan untuk semua anggota 11 IPS 2. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata ya!

Lidhiah. Lestary : rambutnya sekarang dipotong kaya helm, tapi tidak apa-apa tetap cantik kok! Sama seperti Agnes, Lidhi juga ikut bergabung dalam tim futsal sekolah. Diduga cinta lokasi dengan Jason. Orangnya pinter,rajin.

Novilia. Dika : Rada ikal rambutnya. Rajin banget kalau soal ngetik-mengetik laporan. Cerpenist, jadi kalau mau konsultasi untuk membuat cerpen ke Novi saja. Cantik,kurus sama seperti saya.

Russel. Luwanto: dugong(hewan laut yang besar ukurannya, maaf sedikit bullying) kelas kita. Pemalas, tukang tidur (apalagi kelas sosio tidur melulu). Sebenarnya pintar, dia seharusnya bisa masuk ke jurusan IPA yang mayoritas hitung-hitungan pelajarannya, tetapi karena sifat malasnya itu dia disarankan untuk masuk IPS. Magician 11 IPS 2. Suka membawa laptop ke sekolah. Saya dengan cewek-cewek yang lain suka membajak laptopnya untuk webcam-ing. Pada saat simulasi wawancara pelajaran BI kemarin-kemarin, dia pernah menunjukkan sedikit trik sulapnya yang membangkitkan suasana simulasi, keren, serasa di televisi.

Sabatina. Putri. Wijaya : Ken Dedes 11 IPS 2. Manis banget orangnya,khas Jawa. Cewek satu-satuya di kelas yang nyambung sama Efra dan Ario soal music rock dan semacamnya. Rajin, lucu rambutnya ikal kehitaman, matanya coklat ,bulu matanya lentik,khas Indonesia banget. Jago music seperti, biola, piano, dll. Tapi dia bakal pindah semester 2 ke bandung ikut orang tuanya (serasa film Sherina). Sedih pikirinnya, gonna miss you put!

Sally. Karini. Kamariun : Papua Fried Chicken. Kata Daniel kalau dia melihat Sally, seperti mau makan fried chicken, karena tubuhnya yang montok . Asalnya dari Papua, jadi namanya Papua Fried Chicken. Sebenarnya dia juga asalnya dari medan, jadi campuran Papua dan Medan. Sally juga bergabung dengan tim futsal sekolah.

Tania. Suganda : panggilannya TS. Dancer. Kurus, mungil badannya. Pacarnya Ario Tanado, tapi tidak terlihat seperti orang pacaran, seperti teman biasa,new style of relationship. Cantik,baik,dulu saya pernah dekat dan main bareng, tapi gara-gara suatu konflik jadinya sekarang sudah tidak main bareng lagi. Tulisannya bagus,rapi, catatannya rapi banget (minder melihatnya),rajin.

Timotius. Cahyadi : panggilannya Timmy. Matanya sipit,putih,tinggi, maskot culture fest Nias sama Vania, kocak banget, suka nyeletuk yang lucu-lucu,baik. Dulu pernah ke Jogja bareng (jadi kangen Jogja).

Tirza. Octaviani: Kembar, kembarannya di kelas sebelah 11 IPS 1. Dancer juga, tahi lalatnya bentuknya segitiga dimuka. Sudah punya pacar namanya Nathan,rajin, pinter, cantik, putih.

Tommy : orangnya mau diajak kerjasama, baik, pintar. Kadang-kadang dia suka cemberut, dan itu serem banget mukanya.hehehe

Vania. Ivena : attractive banget orangnya, selalu ceria, punya tompel di pipi. Sama seperti Ario dia juga sangat cinta Amerika, dia hafal 50 negara di Amerika. Kreatif orangnya, cinta banget sama Manohara, dia sampai berkhayal nanti kalau kita sudah di UPH COLLEGE, dia akan ketemu Manohara, dan kenalan. Punya imajinasi tinggi, mental 12 tahun, maskot culture fest Nias sama Timmy. Dipanggilnya Van.I, soalnya ada 2 Vania, yang satu lagi kembarannya Tirza (Van.O).

Yosua. Noviano : panggilannya Bos. Dulu punya poni bentuknya pelangi, tapi sekarang udah dinaikin, jadi kaya jambul, tukang nyeletuk, badannya rada pendek, kaya orang Korea sipit.

Ms. Jerni. Napitupulu : our beloved homeroom. Orangnya sabar banget, baik, cantik, matanya coklat bagus, bulu matanya lentik, rambutnya ikal-ikal keriting kehitaman.

Yah intinya kita semua diciptakan berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Tapi itu semua yang bikin kita saling melengkapi. Pokoknya sekarang saya tidak menyesal bisa jadi bagian dari kelas ini. Sayang kalian semuanya. Semoga kalo kita semua pisah nanti, Putri yang bakal ke Bandung, Ms. Jerni yang tidak tahu bakal kemana, semoga kita bakal selalu keep contact. Sedih bikin karangan ini. LOVE Y’ALL FULL!! RASA SAYANGE..

P.S : kalau kalian mau tahu nama pengarang cerita ini, baca cerita ini yah !Terima Kasih

7 komentar:

  1. woi busett,, kelas kita dipublikasiin di dunia mayaa. ahahahahahaha. jadi kangenn 11ips2. lho? padahal lagi bareng". wkwkwk. YA'AHOUUUUU guyss !!!!

    BalasHapus
  2. MATAPPP... hahaha gk nyangka gw, u nulis cerpen tentang klas kita... but, it's good girl!! hahahaha

    BalasHapus
  3. sayang kaliann.tano niha.y'aahouuuuuuu.suksess cultfest.muahhhh

    BalasHapus
  4. EzZra PahAL4 ArI3ef Situmueooong17 November 2009 pukul 22.17

    ketek jessy bau kali

    BalasHapus
  5. Jessy cakep. smpe |)suka.

    BalasHapus
  6. Bedeh ==" masa begitu singkatnya pengenalan gw...
    Ya'ahowu 11IPS2

    BalasHapus